KOMPETENSI PROFESIONAL GURU - My Educations - Karya Ilmiah - ALIF COMPUTER
ALIF COMPUTER
Main
Login
Registration
Sunday, 21 September 2014, 12.02.49Welcome Guest | RSS
Site menu

Times

Iklan

Main » Articles » My Educations

KOMPETENSI PROFESIONAL GURU

ABSTRAK

 

 

Hubungan Kompetensi Profesional Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa Di MTs Negeri Cimerak Kecamatan Cimerak

 

Kompetensi Profesional guru merupakan kondisi, arah, nilai, tujuan dan kualitas suatu keahlian dan kewenangan dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang berkaitan dengan pekerjaan seseorang yang menjadi mata pencaharian. Profesionalisme guru yang dimaksud dalam skripsi ini adalah guru Fiqih Ibadah  yang profesional. Adapun guru profesional itu sendiri adalah guru yang berkualitas, berkompetensi, dan guru yang dikehendaki untuk mendatangkan prestasi belajar serta mampu mempengaruhi proses belajar mengajar siswa, yang nantinya akan menghasilkan prestasi belajar siswa yang lebih baik. Kompetensi guru yang diteliti meliputi empat kategori. Pertama, kemampuan guru dalam merencanakan program belajar mengajar. Kedua, kemampuan guru dalam menguasai bahan pelajaran. Ketiga, kemampuan guru dalam melaksanakan dan memimpin/mengelola proses belajar mengajar. Dan keempat, kemampuan dalam menilai kemajuan proses belajar mengajar.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kemampuan kompetensi profesional guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Cimerak, (2) Memperoleh gambaran tentang tingkat prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Cimerak, (3) Mengetahui hubungan antara kompetensi profesional guru dengan prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Cimerak.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif bersifat korelasional. Penelitian dilakukan secara langsung ke MTs Negeri Cimerak Kecamatan Cimerak Kabupaten Ciamis. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu melalui angket yang diberikan kepada peserta didik kelas VII sebanyak 40 orang yang dipilih secara acak, kemudian dengan observasi, wawancara dan dengan studi dokumentasi. Setelah data-data tersebut diperoleh, penulis menganalisis data dan melakukan uji hipotesis dengan menggunakan rumus person product momen dan menggunakan rumus Koefisien Determinasi untuk mengetahui kontribusi kedua Variabel X dan Y. Selanjutnya penulis menyimpulkan hasil penelitian dalam bentuk analisis interpretasi data.

Setelah penelitian ini dilakukan, penulis memperoleh hasil penelitian bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru dalam bidang studi Fiqih Ibadah dengan prestasi belajar siswa di MTs Negeri Cimerak Kecamatan Cimerak Kabupaten Ciamis. Kontribusi kompetensi profesional guru Fiqih ibadah terhadap prestasi belajar siswa adalah 43,16%. Dengan kata lain, prestasi belajar siswa di MTs Negeri Cimerak ditentukan atau dipengaruhi oleh tingkat kompetensi profesional guru sebanyak 43,16%, dan 56,84% lagi ditentukan oleh faktor yang lain.

Category: My Educations | Added by: goez (06 November 2009)
Views: 7987 | Comments: 7 | Rating: 3.0/19
Total comments: 7
7 Dianata Anugrah   (16 May 2012 15.03.36)
aslm..........mbak ana bisa lihat cara penghitunganx ga?

6 imbang   (25 July 2011 08.41.20)
bisa lihat instrumen penelitiannya ?

5 padmai   (27 January 2011 23.34.24)
ass. bapak/ibu, bisa kirim melalui email bahan ini dengan lengkap sebagai pedoman pembuatan tesis. terima kasih

4 sahara   (14 November 2010 16.00.15)
minta data kualitatifnya bs g'???

3 rio   (05 August 2010 10.53.36)
bisa minta anketnya tentang profesional dan prstasi belajar

2 nurwakid   (01 May 2010 10.34.59)
bisa minta reverensi book ttng kompetensi profesional dan prestasi belajar

1 tika   (23 December 2009 13.36.33)
bisa minta yang lengkapnya ga?lagi perlu conto hasil penelitian ni bwt tugas.

Name *:
Email:
Code *:
Section categories
My articles [1]
My Educations [6]

Facebook


Copyright agusfazri © 2014Create a website for free